Markel 88 Smansa Subang Gelar Program Kebersihan dan Kemakmuran Masjid Bersama DMI Kabupaten Subang

0
93
Ket Foto : Istimewa

SUBANG | TINTA-MERAH.NET | Gerakan kebersihan untuk lebih peduli dan memakmurkan masjid kini semakin banyak di berbagai daerah. Salah satunya di Kabupaten Subang, tentunya salah satu aktivitas yang mereka lakukan adalah membersihkan masjid.

Hal ini tentunya sepertiyang dilakukan oleh komunitas Marbot Keliling (Markel 88) Smansa Subang, yang melakukan bersih-bersih di beberapa masjid di Wilayah Kabupaten Subang.

Sementara itu, Markel 88 Smansa Subang ini pun di ketuai oleh Yano Muhammad Karsa, dengan beranggotakan sebanyak 30 orang, dan tentunya bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Subang.

Sebagaimana informasi yang di dapat, Markel 88 Smansa Subang ini pun tentunya, sebuah komunitas yang pada awalnya hanya beranggotakan para alumni SMA Negeri 1 Subang lulusan atau angkatan tahun 1988.

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini markel 88 Smasa Subang tidak hanya beranggotakan alumni Smansa Subang saja tetapi sudah meluas dan beranggotan diluar alumni SMA Negeri 1 Subang seperti alumi SPG, SMA Negeri 2 Subang dan SMEA atau SMK Negeri 2 Subang.

Saat ini Markel 88 Smansa Subang beranggotakan sekitar 30 orang dari berbagai macam latar belakang pendidikan dan profesi.

Saat konfirmasi melalui Aplikasi Whatsapp oleh TINTA-MERAH.NET, Yano Muhammad Karsa, mengatakan bahwa, Markel 88 Smansa subang pertama kali melakukan kegiatan marbot keliling di masjid Al Huda, tepatnya di gang Kitri Subang, tentunya pada tanggal 9 Nopember 2023 lalu, sehingga pada tanggal tesebut dijadikan atau ditetapkan sebagai hari lahirnya Markel 88 Smansa Subang.

“Kami sebenarnya bercita-cita membersihkan masjid Agung Subang sejak awal berdirinya markel 88 smansa subang, sehingga sejak berkolaborasi dengan DMI Kabupaten Subang ini, alhamdulillah cita-cita kami terwujud,” ujar Yano.

Ket Foto : Istimewa

Yano juga menjelaskan bahwa, seiring berjalannya waktu, Markel 88 Smansa Subang sejak beberapa waktu yang lalu berkolaborasi, bersinergi dan bekerjasama dengan DMI Kabupaten Subang, pihaknya merasa bersyukur sehingga hal ini bisa mengadakan kegiatan cerremony program marbot keliling yang digelar di Masjid Agung Subang, dan dihadiri langsung oleh Assisten Daerah (ASDA III) Kabupaten Subang, H. Dadang Kurnianudin.

“Alhamdulillah hari ini Selasa, 04 Juni 2024 ini, kami menggelar ceremony program marbot keliling yang berlokasi di Masjid Agung Subang, dan di support langsung ASDA III Kabupaten Subang dan juga Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Subang,” ungkap Yano.

Lebih lanjut yano memaparkan bahwa, pihaknya pun setiap hari selasa akan membersihkan masjid agung sedangkan untuk masjid lainnya disekitaran Kabupaten Subang akan dilakukan setiap hari kamis.

“Kegiatan yang kami lakukan ini tentunya, dalam rangka membersihkan masjid-masjid tidak membebankan ke Dewan Kerja Masjid (DKM), hal ini dikarenakan segala sesuatunya, peralatan dan bahan-bahan atau chemical kebersihan membawa sendiri, dan ini kami dari Markel 88 di support oleh para donatur baik donatur tetap atau donatur insidentil,” papar Yano.

Selanjutnya, ASDA 3 Kabupaten Subang H. Dadang Kurnianudin mengatakan bahwa, Masjid Agung ini punya sejarah yang sangat panjang. Mulai didirikannya oleh para tokoh Subang terdahulu dan bahkan sampai saat ini, telah banyak memberikan manfaat dalam aspek spiritual dan prestasi keagamaan.

“Bagi kami pihak Pemerintahan Kabupaten Subang, Masjid bukan hanya sekedar tempat ibadah, tapi juga sebagai tempat mengabdi mencari pahala dan ridho Allah. Walaupun dalam perjalanannya ada kendala, kami tetap optimis Masjid Agung ini harus bisa makmur,” jelas H Dadang.

H Dadang juga hal ini berharap sebagaimana yang dilakukan oleh Markel 88 Smansa Subang dan DMI dapat terus bersinergi dengan Masjid Agung.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Markel 88 Smansa Subang ini dapat mendorong kesadaran bersama tentunya agar Masjid Agung Subang ini menjadi ‘center of excellence’,” pungkasnya. (Red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini